Kamis, 07 Januari 2016

JAMAN SEKARANG MENDAKI GUNUNG HANYA UNTUK GAYA- GAYAAN

Hayo siapa diantara Sobat yang pernah mendaki gunung saat sampai puncak ber-selfie ria dengan menggunakan kertas ucapan lalu menguploadnya ke media sosial? bagus ya hasilnya?
Saat ini banyak Aktivis lingkungan serta sejumlah Pecinta alam mengkampanyekan aktivitas Nol Sampah (Zero Waste) dan penghematan kertas, namun tampaknya hal sebaliknya tidak berlaku bagi sejumlah Pendaki gunung yang katanya mengaku Pecinta alam.
Slogan ‘tidak ada yang diambil kecuali foto, tidak memburu apapun kecuali waktu, dan tidak ada yang ditinggalkan kecuali jejak’ ternyata hanya jadi hisapan jempol belaka bagi para pendaki atau mungkin juga kamu.
Pasalnya meski seringkali diingatkan, nyatanya persoalan sampah di gunung kerap menjadi persoalan serius yang bisa merusak kawasan konservasi.
Yang lebih mencengangkan, seiring fenomena selfie dan semenjak adanya film petualangan abal-abal kemarin, jenis sampah di gunung tidak cuma logistik pendaki tapi juga sampah kertas ucapan.
Banyak sekali Pendaki khususnya yang pemula berbondong-bondong mendaki gunung hanya untuk mengejar foto selfie sambil memegang kertas ucapan dan digunakan tampil eksis di media sosial.
Ya, satu gaya foto yang sedang digandrungi oleh Pendaki sampah tak beretika itu adalah berfoto dengan kertas yang ditulis ucapan.
Semakin banyak yang mendaki, semakin banyak gaya yang tercipta. Terlalu bosan dengan wajahnya sendiri yang masuk tangkapan kamera, kini ada kertas dengan bermacam ucapan.
Memang sudah sejak lama gaya seperti ini dilakukan segelintir Pendaki Gunung. Namun baru akhir-akhir ini ramai dilakukan banyak Pendaki.
Seringnya, kertas ini dibawa ke puncak gunung yang kemudian dipakai selfie saat berada di puncak. Bisa juga dipakai selfie saat mentari terbit.
Namun, ada juga yang memotret kertas ucapan dengan latar pantai, hutan, atau bahkan pemandangan kota.
Gaya selfienya pun banyak jenis. Bisa hanya fokus ke tulisan dan menjadikan pemandangan sebagai latar belakang. Tapi seringnya selfie sambil membawa tulisan.
Bagi yang sedikit malu-malu atau mungkin takut jerawatnya ikut eksis, bisa menutupi setengah muka dengan kertas yang berisi ucapan.
Lalu apa isi ucapannya? Sangat beragam. Mulai dari ucapan untuk seseorang, cinta, pamer telah sampau puncak, dan masih banyak lagi.
Menarik memang, tapi kenyataanya tak selamanya semanis itu.
Banyak Pendaki (atau mungkin kamu) yang lupa atau sengaja melupakan kertas ucapannya untuk dibawa pulang. Akhirnya menjadi gunung baru, gunung sampah. Ampun!
Ada yang lebih parah, beberapa Pendaki atau mungkin kamu pernah membawa kertas ucapannya yang sudah dilaminating.
Kertas laminating tidak bisa terurai tanah dalam waktu singkat, bahkan saat Pendaki itu sudah tinggal nama, sampah laminatingnya masih ada.
Ya, laminating termasuk sampah plastik yang membutuhkan waktu 1.000-20.000 tahun untuk bisa hancur terurai.
Yah, rasanya eksistensi mendaki gunung sudah berubah maknanya. Kalau zaman Soe Hok Gie dan Idhan S Lubis mendaki untuk mendekatkan diri ke Tuhan, mencintai alam dan membangun jiwa nasionalisme.
Zaman sekarang, mendaki cuma untuk mencari kesenangan dan foto profil.
Foto boleh jadi hasilnya indah dan keren. Tapi apa kerennya jika sampahnya dibuang begitu saja di puncak. Jangan mengaku Pencinta alam jika masih senang menyiksa alam.

Aksi pamer foto selfie yang lain daripada yang lain di situs jejaring sosial memang menjadi sebuah tren sekarang ini. Banyak di antaranya nekat melakukan aksi selfie yang berbahaya dan bahkan tak sedikit berita tentang aktivitas selfie yang berakhir dengan kematian. 

Dibawah ini foto Eri Yunanto, mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang jatuh ke kawah Gunung Merapi. Di foto tersebut terlihat Eri tengah duduk di atas batu di pinggir kawah Merapi, sebelum akhirnya terjatuh dan terpelanting berkali-kali ke dalam kawah. 
Dan di bawah ini foto selfie membawa kertas ucapan untuk orang yang spesial
IMG_4697
Sampah Kertas Ucapan Yang Ada Di Puncak Gunung.

Dikutip dari :Forum Hijau Indonesia

Senin, 28 Juli 2014

Pengalaman mistis naik gunung Slamet

Pengalaman mistis naik gunung Slamet
Samarantu , Gunung Slamet

     Gunung Slamet adalah gunung tertinggi dan terbesar di Jawa Tengah, dengan ketinggian 3428 mdpl,dan gunung tertinggi kedua di Jawa setelah semeru. Waktu itu kami bertiga melewati jalur dari bambangan, Desa kutabawa, kecamatan Karangreja, kabupaten Purbalingga, yang merupakan jalur resmi pendakian menuju Slamet. Selain jalur Baturaden (Purwokerto), jalur kaliwadas ( Brebes ), jalur Guci (Tegal), jalur Dukuh liwung ( Tegal ), jalur gajah Nguling ( Pemalang ). Nah kami menuju Base camp kepunyaan pak Muhaeri yang juga Kepala dusun Bambangan. Memulai pendakian mesti lewat jalur aspal dahulu kira - kira 15 menit baru sampai di Gapura pendakian .Yah kebanyakan para pendaki telah mengetahui keadaan gunung slamet dan jalurnya.
     Kali ini bukan mau bercerita tentang gunung Slamet secara gamblang, hanya hendak membagi pengalaman ketika kami di Slamet. Waktu itu setelah melewati pos demi pos akhirnya menjelang malam tiba sampailah kami di Pos 4 yang bernama Samarantu. Disana terdapat pohon besar berdiri ditengah jalan. Kami berinisiatif untuk beristirahat disana sampai pagi guna melanjutkan pendakian. Maka tenda kami dirikan dengan suka cita. Setelah berdiri tenda, di lanjutkan dengan membuat minuman panas untuk pengiring tidur nanti. Tentu dengan cara aman kita membuat apinya, yakni denngan kompor Parafin .
     Setelah itu karena sudah terlampau lelah kami beranjak tidur didalam tenda, dengan masing masing memakai Sleeping bag terasa hangat dan tidurlah kami ditengah rimba gunung Slamet. Dan hanya kami bertiga tanpa ada siapapun juga atau teman pendaki lain karena hari pendakian kita memang bukan pas sabtu yang biasanya ramai dengan para pendaki. Setelah terasa cukup dan kupikir hari sudah pagi, dan aku merasa harus kencing, maka aku keluar tenda untuk mencari tempat pas buat buang air kecil. Terasa lega sudah dan baru sadar kalau hari masih malam. Sialan...segera aku hendak kembali ke dalam tenda yang mana dua temanku Masih terlelap dalam mimpi capai..he he he.. nyusul ah, pikirku.
     Ketika aku membuka tabir tnda didalam yang seharusnya ada 2 teman ku ternyata menjadi ada 3. Lho siapa..? Pikirku.. mendadak rasa takut menyeruak karena hari masih gelap malam. Tanpa main selidik aku keluar lagi dan membuat api unggun di depan tenda. Maklum udara terasa dingin sekali. Sambil aku berpikir: Siapa tadi didalam yang memakai sleeping Bag ku..?? seharusnya hanya ada 2 di dalam tenda karena kami mendaki juga hanya bertiga, sementara aku tadi keluar tenda untuk buang air kecil.
     Tak terasa hawa hangat api unggun membuatku sedikit melupakan kejadian tadi, smbil minum teh panas dan mengisap rokokku, tak kuupedulikan lagi keadaan seram yang terjadi tadi. Perlahan kumandang adzan Subuh terdengar dari perkampungan Bambangan di kaki Slamet, menandakan hari telah pagi. Aku segera membereskan perlengkapan api unggunku dan segera hendak masuk tenda lagi walaupun masih deg - degan, terpikir kejadian semalam.  Begitu aku membuka tenda, kedua temanku masih terlelap tidur dan hanya berdua tak lagi bertiga seperti tadi malam. Masya Allah! ... Siapa tadi malam..??? Akhirnya kubangunkan kedua kawanku guna persiapan pendakian selanjutnya yang kurasa masih jauh dan harus melewati pos demi pos lagi.
     Sengaja kejadian malam Tadi tak kuceritakan kepada 2 temanku, takutnya mereka juga ngeri dan memutuskan tak jadi menuju puncak Slamet. Setelah beres peralatan kami masuk Bag Packing, kami lanjutkan perjalanan kami menuju puncak slamet yang teramat lestari dengan hutan dan pohon yang masih hijau dan alami. Singkatnya setelah melampaui puncak Slamet dan tanpa gangguan berarti, kami segera turun menuju Bambangan lagi, karena sudah rindu nasi. Walau pun ditengah jalan menuju turun hujan badai terus menderu, perlahan akhirnya kami sampai juga diBase Camp Bambangan dengan selamat.
     Akhirnya sesampai Di Base Camp smbil makan aku bercerita tentang kejadian semalam ke Pak Muhaeri dan 2 temanku. Mereka kaget, tetapi tidak bagi pak Muhaeri, beliau hanya bilang bahwa pos 3 Samarantu jarang dipakai untuk bermalam tidur, kalau hanya membuat api uggun atau minum air panas biasa ( apa karena tak keberuntungan ku saja ya? ), Karena Samarantu di ambil dari kata Samar : tak kelihatan atau samar -samar dan Antu yaitu hantu. yang arti globalnya adalah hantu yang hampir tak kelihatan ..!!! astaga!.. Sambil setengah bercanda pakk Muhaeri bilang: untung lah tak ada kejadian apa - apa lagi waktu itu, soalnya hantu nya tidur..
     Coba kalau bngun..wah..ada - ada saja pak Muhaeri ini. Setelah kejadian itu, tak menyurutkan niatku dan kami untuk kembali ke Slamet dan gunung - gunung lain. Pada dasarnya kami tak memperdulikan itu, hanya alam yang kami kagumi dan kami takuti jika rusak dan punah. Semoga hantu di Samarantu gunung Slamet turut menjaga hutan Slamet ya, demi mereka dan kita manusia beradab dan ber Tuhan.Terima Kasih buat Pak Muhaeri dan Ibu yang telah menerima kami di Base camp Bambangan dengan segala keramahan khas penduduk kaki gunung Indonesia.

Minggu, 27 Juli 2014

SEKILAS TENTANG KODE ETIK PENCINTA ALAM

PENDAHULUAN

Bila menjelang waktu libur banyak kita jumpai aktefitas hidup di alam bebas (outdoor life), berkemah ditepi pantai atau hutan, mendaki gunung, dan lain-lain. hal ini mempunyai ragam motifasi untuk dapat melakukan hal tersebut. Bicara tentang kepecinta alaman menyangkut hal ini koplek yang berhubungan dengan kesadaran untuk melestarikan lingkungan.
Latar belakang lahirnya kode etik pencinta alam Indonesia di awali dari situasi dan kondisi politik di Indonesia. Sikon social dan aikon ekonomi, namun dalam hal ini hanya di batasi dua hal yaitu pengertian pencinta alam dan organisasi pencinta alam (OPA).
PENGERTIAN PENCINTA ALAM
Dalam mencintai alam bukanlah sekedar mengagumi, apalagi mengikis habis dan merusak alam. Mencitai alam mengundang perasan kita untuk kagum, hormat, mengambil mamfaat dari adanya alam itu dengan mempertimbangkan untung ruginya baik bagi alam maupun bagi manusia. perasaan dan untuk memelihara hubungan harmonis manusia dengan alam.
Hal prinsip yang perlu di perhatikan dalam melakukan tindakan mencintai alam :
1. Mengagumi , menyenangi, menyayangi alam.
2. Menjaga, memelihara, pempertahankan dan memperbaiki alam sebatas kemampuan dan sesuai kebutuhan.
3. Memamfaatkan, mengambil makna dan hasilyang di butukan dari alam dengan tidak meninggalkan jejak yang negative.
4. Menyadari, menghayati dan mengamalkan sepenuuhnya kerja sama antara sesama koponen alam yang saling menguntungkan.
Dengan memperhatikan kriteria tersebut maka dapatlah dibedakan tindakan yang mencintai alam dan yang tidak.
ORGANISASI PENCINTA ALAM
Organisasi pencinta alam adalah organisasi yang menghimpun pencinta alam sebagai anggotanya. Persaratan yang harus dipenuhi sebagai organisasi pencinta alam di Indonesia :
• Azas Pancasila.
• Menjadikan kode etik pencinta alam sebagai landasan hubungan.
• Tujuan tidak bertentangan dengan perundang-undangan yang ada.
• Ada alamat tetap dan bias dihubungi.
• Ada AD/ART dan anggota minimal 20 orang.
• Ada nama dan lambang organisasi yang jelas.
• Tidak merupakan anak atau bawahan dari salah satu organisasi politik praktis.
• Ada pengakuan dari pihak lain.

JANGKAUAN PENCITA ALAM DI INDONESIA
Pencinta alam Indonesai jangkauanya sangat luas dan umum, maupun hanya sebagian dari itu yang mengambil sepesialis ( seperti memanjat tebing, menyusur gua, pendaki gunung, olahraga air dan lain lain ). Pencinta alam diharapkan dapat menjembatani hubungan antara indifidu pencinta alam Indonesia, menyelaraskan hubungan konsepsional maupun operasi antar kelompok specialisasi. Dan juga dapat menjadi pemersatu agar pencinta alam Indonesia tidak terjebak dalam pandangan dan penalaran yang mengadu domba.

MAKNA YANG TERSIRAT DALAM PENCINTA ALAM INDONESIA
- Keinginan yang luhur dari pencinta alam, yaitu keinginan yang berlandaskan pada suatu pendalaman penghayatan arti hidup dan kehipan manusia.
- Kesadaran akan hakiki diri pencinta alam itu sendiri, pencinta alam menyadari bahwa alam adalah ciptaan Tuhan. alam diciptakan bukan untuk di taklukkan, tetapi alam diciptakan untuk keselamatan manusia, dan terpeliharanya alam tergantung dari kesadaran manusia itu sendiri. Pencinta alam Indonesia mengandung makna keteladanan dan tutunan yaitu tuntunan hubungan vertikan dan tuntunan hubungan horizontal.

TUNTUNAN HUBUNGAN VERTIKAL
Manusia menyakini Tuhan ALLAH SWT sebagai al-kholiq yang maha pencipta, kedudukannya lebih tinggi dari segenap mahluk yang diciptakan –Nya. pencinta alam Indonesia mengakui manusia sebagai kholifah fil ardi, sebagai wakil Tuhan di bumi, untuk itu tidak usah bertindak melebihi kewenangan dan haknya sebagai manusia.

TUTUNAN HUBUNGAN YANG HORISONTAL
Pencinta alam menuntun hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam lingkungan, sesama ciptaan Tuhan, hubungan antar pencinta alam. Pasti di warnai watak manusia serakah, angkuh, congkak, loba, dan sebagainya. Pernyataan kesadaran manusia dalam pencinta alam mengandung makna saling menghargaai sesama manusia sesuai harkat dan martabatnya disisi ALLAH SWT, saling menghormati demi terjalinnya kerukunan dalam kebersamaan yang serasi, selaras, seimbang, sesuai hakekat masing-masing.
Pencinta alam Indonesia juga menuntun hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Pencinta alam Indonesia hanya memamfaatkan alam sesuai dengankebutuhan dan kemampuan, tampa memeksakan kehendak.
Dengan demikian pencinta alam diharapkan mampu menjadi tuntunan bagi manusia, dari masa kemasa sepanjang jaman. Meskipun dalam penghayatan dan pengalamannya masih sangat relative dan berfariasi.
Kita para pencinta alam inilah berkewajiban untuk memacu diri agar lebih baik dan semakin baik. Dari waktu-kewaktu para pencinta alam berlomba tonggak jejak telah tertancap pada forum gladian IV di Ujung Pandang, tepatnya pada pukul 00.15 wita tanggal, 29 januari 1974.

KEORGANISASIAN
Sebelum kita masuk pada organisasi di sekitar kita, baik itu organisasi kepemudaan, organisasi social, masyarakat, siswa, dsb, kita harus mengetahui maksut dan tujuan dari organisasi itu didirikan, yang biasanya tercantum di AD/ART-nya. setelah kita yakin kita dapat bekerja sama maka barulah kita bergabung untuk menjadi anggotanya. Untuk itu disini mencoba untuk menguraikan sedikit banyak tentang keorganisasian yang mudah-mudahan dapat menambah wawasan kita semua.
Pengertian umum organisasi adalah merupakan wadah dari sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama dan sengaja bekerja sama untuk mencapai apa yang menjadi keinginan.

TIGA SEGI POKOK ORGANISASI
1. Ada anggota.
2. Punya tujuan.
3. Adanya kerja sama.
1.1. ANGGOTA
Dalam suatu organisasi tidak ada yang lebih berharga daripada anggota, kerna merekalah yang nantinya akan berperan dalam menetapkan dan menjalankan roda organisasi dalam usaha mencapai tujuan organisasi. Mereka ini ikut terjun dan menggeluti organisasi, dalam berbagai tujuan dasaar di bagi menjadi empat foktor utama antara lain :
1.1.1. MOTIFASI
Pengertian motivasi ini bias beragam tergantung dari siapa yang melihat dan merasakan atau untuk kepentingan apa. Tetapi secara garis besar pengertian motivasi adalah dorongan yang muncul dari diri manusia untuk berbuat dan berusaha untuk mencapai sesuatu, hal ini terlepas dari maksut dan tujuan yang ada di hati.
Motivasi itu dapat berupa keinginan, pangilan jiwa, imbalan, materi, kekuasaan,popularitas peranan, persahabatan, kegembiraan, dsg. Yang semuanya itu manusia/individu yang bersangkuta.
1.1.2. POTENSI
Potensi adalah merupakan sumber daya yang tersedia. Jadi kira-kira pengertian potensi dalam organisasi adalah kemampuan untuk mengembangkan, meningkatkan, menyalurkan dengan memamfaatkan semua sumber daya yang ada pada individu di tambah fasilitas yang tersedia pada organisasi, seperti tingkat elektual, fisik dan keterampilan serta mentalitas (berani tangguh dan ulet).
1.1.3. PERSEPSI
Dalam suatu organisasi setiap anggota mempunyai persepsi sediri-sendiri dan berbeda-beda satu dengan yang lain. semua itu tergantung daya nalar masing-masing sehingga dalam pencapaiyan tujuan tidak mengalami hambatan. Untuk itu perlu penjelasan yang lebih terperinci agar nantinya mempunyai presepsi yang seragam.
1.1.4. SIKAP
setiap anggota dalam suatu organisasi tidak akan bekerja sendiri. Melainkan bergerak dengan anggota yang lain diluar organisasi ( masyarakat disekitar ).maka dirasa perlu untuk setiap anggotaa mempunyai mental social yang baik,melipuuti beberapa aspek :
• Kesadaran untuk bekerja sama.
• Menghormati dan menghargai orang lain.
• Menyasari batas kemampuan ( kelebihan dan kekurangan ).
• Memiliki sikap memimpin dandipimpin.
• Mempunyai harga diri.
• Bersikap terbuka.
1.2. TUJUAN
Suatu orgsnisasi yang baik adalah apabila organisasi tersebut mempunyai tujuan yang jelas. Pada dasarnya tujuan organisasi adalah merupakan sesuatu yang ingin di capai, yang biasanya di yatakan secara formal. Karna hal itu mmempunyai peranan penting dan menjadi dasar organisasi itu untuk melangkah selanjutnya. Pencapaian tujuan harus secara obyaktif.
1.3. KERJASAMA
Kerja sama itu dapat berjalan apabila ada kesadaran dari orang untuk kepentingan bersama dalam usaha pencapaian tujuan. Adapun prinsip-prinsip dasar kerja sama sebagai berikut :
• Adanya kepentingan dan tujuan yang sama.
• Kemampuan indifidu yang terbatas.
• Terjadi proses berbagi pengalaman.
• Memelihara hubungan social yang baik.
Ruang lingkup organisasi secara formal, wujut kerja sama dapat di yatakan secara kongkrit dengan pembagian tugas yanga jelas secara terstruktural dan juga menyangkut masalah tanggung jawab dan wewenan wewenang dari setiap unit kerja seperti :
1. tugas, tanggung jawab dan wewenang dinyatakan secara tegas dan
2. Setiap anggota harus mengetahui hak dan kewajibannya.
3. Pelaksanaan aktefitas yang diatur hendaknya sederhana.
Dua hal yang perlu di perhatikan untuk menjaga efektifitas dan aktevitas dari organisasi :
1. KADERISASI
• Memelihara keberadaan modal yang sangat berharga. Yaitu kesinambungan organisasi.
• Dapat melakukan estafet kepengurusan dengan lebih cepat dalam mengatasi perubahan yang terjadi.
• Telah menyiapkan kader pengganti.
2. AKTIFITAS
Melakukan aktefitas yang terus menerus secara teratur dan terencana agar tidak terjadi ke fakuman dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan yang di perolehnya adalah :
• Akanselalu terjadi komunikasi.
• Akanterjadi proses ppenyaragaman presepsi lembaga.
• Kerja sama akan semakin baik.
MOUNTAINEERING ( MENDAKI GUNUNG )
APASIH MENDAKI GUNUNG ?
Bagi orang awam kiprah petualang seperti mendaki gunung selalu menimbulkan pertanyaan yang kabur ( tidak jelas ). Mau apasih kesana?, pertanyaan ini sederhana tapi sering membuat bingung dan kesal orang yang di Tanya.
Motifasi mendaki gunung memang bermacam-macam, diantara garis besarnya adalah : kebutuhan akan pengalaman baru, foto-foto di puncak gunung, kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan eksistensi dirinya oleh masyarakat. Tetapi sebenarnya yang paling mendasar adalah : rasa keingintahuan. Keingintahuan inilah yang mendorong keberanian dan ketabahan dalam melawan tantangan alam, apalagi kalau di gunung masalah yang kita hadapi cuma satu, yaitu bagai mana kita mencapai puncak dan turun dengan selamat. Seseorang pendaki gunung bukan untuk menaklukkan gunung, nekat berani kematian, untuk pamer kebolehan, dan sebagainya, tetapi ingin mempelajari dan menghargai arti hidup dan kehidupan. Karna di gunung akan menemukan satu hal dan lain hal yang kita tidak temukan dalam kehidupan sehari-hari.
PERSIAPAN MENDAKI GUNUNG
Mendaki gunung dalam pengertian mountaineering terdiri tiga tahap yaitu :
• Berjalan ( hill walking ).
• Memanjat tebing ( rock climbing ).
• Mendaki gunung es ( snow and ice climbing ).
Di Indonesia tahap pertamalah yang banyak di gunakan karena kondisinya yang memungkinkan. Dalam mendaki gunung ada dua factor yang mempengarui berhasil tidaknya suatu pendakian :
• Faktor intern ( datangnya dari sipendaki sendiri ). Factor ini harus dipersiapkan sebaik mungkin sebelum pendakian.
• Fakator ekstern ( datangnya dari luar sipendaki ) factor ini bisa berupa badai, hujan, kabut dan sebagainya dsg. faktor ini masih bisa di perhitungkan. meskipun hal ini tidak semudah factor intern.
PERLENGKAPAN MENDAKI GUNUNG.
Untuk sebuah pendakian diperlukan suatu perlengkapan yang harus disiapkan
\"\"
SEPATU
Sepatu untuk melindungi kaki, sepatu untuk mendaki harus mempunyai sol yang kembangnya besar agar cengkrammannya kuat, berpunggung tinggi supaya biasa imemperkokoh pergelangan kaki, didalam mempunyai ruang yang luas agar jari-jari kaki tidak terdorong ke depan saat menuruni guunung. dan pilihlah satu nomor lebih besar dari sesungguhnya.
RANSEL
\"\"
Gunanya untuk membawa semua perlengkapan pendakian, yang perlu di perhatikan dalam penggunaan rangsel ini factor keamanan dan kenyamanan. Pilihlah rangsel yang sesuai dengan fostor tubuh. Pengepakan barang juga mempengarui kenyamanan.
\"\"
PAKAIAN
Karena sering terjadi perubahan suhu udara yang tidak terduga, maka pakaian harus disesuaikan dengan keadan tersebut. Bahan dan pakaian dipilih untuk menjaga kehangatan tubuh, dari angina dan hujan.
Juga membawa ponco, sarung tangan, sarung kepala, kaos tangan, kaos kaki, bahannya kalau bisa dari wol, warna yang norak. Kalau tersesat tim SAR mudah melihatnya.
TENDA
Tenda merupakan tempat berlindung dari angina dan hujan. Tidur di tenda yang nyaman akan mengembalikan tenaga untuk berjalan esoknya. Dari bentunya tenda ada beberapa macam, tenda dome, tenda prisma, tenda piramit kubah, tenda barak dan lain lain.
\"\"
Tenda dome
PERLENGKAPAN TIDUR
\"\"Bahan terbaik untuk kantung tidur di gunung adalah down atau duvet. Down atau duvet adalah bulu-bulu halus dari unggas akuatik, biasanya angsa atau bebek. Dan harganya mahal.
\"\"
PERLENGKAPAN MASAK
Kompor yang kecil dan praktis adalah pilihan terbaik untuk memasak di atas gunung. Panci kecil dari almonium atau baja yang lebih praktis nesting, yaitu satu set panic bila tidak dipakai bias disusun menjadi satu. Juga membawa sendok, gelas, piring dan keperluan lainnya.
PERLENGKAPAN MAKANAN
Makanan siap saji pilihan utama di bawa sebagai bekal mendaki gunung. Praktis bawanya, cepat masak sehingga menghemat waktu dan bahan baker, di took banyak tersedia seperti kornet, sarden, mie instant, biscuit, coklat,dan lain-lain. Pendaki gunung membutuhkan sekitar 5000 kalari 70 gram sampai 100 gram protein.
PERLENGKAPAN TAMBAHAN
Selain perlengkapan utama yang harus dibawa seperti senter, lilin, parang, katong plastic, penangkis serangga, minyak pelindung matahari, obat-obatan pribadi, satu set P3K, perlengkan kebersihan seperti sabun, odol, sikat gigi, sisir, cukur kumis dan lain-lain.
BAGAIMANA CARA MENDAKI GUNUNG
Pendakian dimulai dari padang rumput, hutan tetapi harus tetap dijalur menuju puncak. Dibutuhkan fisik yang prima. Pada pendaki dapat melakukan pemanjatan vertical cara ini harus mempunyai persiapan yang matang, pemanjatan jenis ini dikembangkan pada abad ke 20. yang terpenting harus hati-hati, sabar, kuasai mental, tenang dan jangan lupa terus berdoa pada TYE agar pendakian selamat dan sukses.
PENYAKIT GUNUNG ( MOUNTAIN SICKNESS )
Digunung penyaakit yang menyerang biasanya pengaruh ketingggian, suhu yang dingin serta panas yang berlebihan. Keaegaran jasmaninya yang bagus tidak mudah terpengaruh oleh penyakit ini. Adapun jenis penyakit tersebut adalah :
1. HIPOTERMIA ( MENURUNNYA SUHU TUBUH )
Penyebab bukan udara dingin akan tetapi di sebabkan kehujanan. Gejala-gejala hipotermia :
• Menggigil hebat dan tidak terkontrol.
• Bicara menjadi lambat, samar-samar/tidak jelas,menggumam.
• Daya ingat kacau.
• Tangan memiliki kesulitan untuk memegang.
• Saat berjalan tersandung beberapa kali.
• Mengantuk ( tidur berarti menuju kematian ).
• Kelelahan yang nyata. Adanya ketidak mampuan untuk bangun setelah beristirahat.
Cara penanggulangannya adalah :
• Jangan biarkan tidur, karena akan menyebabkan kehilangan kesadaran.
• Ganti bajunya yang basah dan jauhkan dari angina.
• Kalau bias dekatkan ke api unggun/saling berdekapan agar suhu meningkat
• Setelah sadar berikan minuman yang hangat dan manis.
2. HIPOKSIA ( BERKURANGNYA OKSIGEN DALAM TUBUH )
Diakibatkan oleh pengaruh ketinggian, dimana semakin tinggi daerah tersebut semakin rendah kadar oksigennya. Ciri-ciri : pusing, mual, sesak nafas, sakit kepala, muka pucat, kuku dan bibir terlihat kebiruan. Pada umumnya gejala ini hilang dengan sendirinya setelah beristirahat selama 12 jam kalau tidak berasil turunkan sampai 500-600 meter dari tempat semula.
3 HYPERTERMIA ( KEPANASAN )
Rasa panas yang berlebihan dapat terjadi disebabkan keadaan alam yang panas dan tubuh yang lemas. Keadaanini menyebabkan urat darah mengembang disertai pusing, mual, haus, sakit kepala, kulit lembab dan dingin serta urat nadi berdenyut keras. Cara penanggulanganya adalah sipenderita beristirahat di tempat teduh dan diberi air dingin yang sudah diberi garam.
TATA CARA MELAKUKAN PENDAKIAN
Untuk menghindari bahaya dalam pendakian seorang pendaki harus memiliki keterampilan dan persiapan sebagai berikut :
• Mempersiapkan dan menata segala sesuatu yang akan di bawa dalam pendakian.
• Kita harus bersikap ramah/sopan terhadap penduduk desa yang dilalui.
• Melapor pada petugas didesa terahir ( PHPA ) karna bias membantu jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan.
• Mempelajari situasi dan kondisinya atau krakter gunung yang akan didaki.
• Jangan merusak habitat hewan dan tumbuhan di gunung tersebut.
• Membawa sampahnya kembali.
• Melapor pada pihak yang berwenang didesa pertama yang dijumpai, bahwa pendakian sudah turun atau selesai
SURVIVAL
( TEHNIK HIDUP DI ALAM BEBAS )
1. PENGERTIAN
Survival adalah segala daya upaya manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dialam terbuka dengan perbekalan yang minim.
2. TIMBULNYA SURVIVAL
Bermula dari masalah-masalah di alam yang di atasi dengan ilmu pengetahuan yang terkait. Di lengkapi dengan informasi dan pengalaman yang akhirnya menghasilkan ide-ide baru berupa gagasan yang secara langsung dapat diaplikasikan untuk mengatasi maslah-masalah yang dihadapi di alam.
3. MASALAH-MASALAH YANG TIMBUL DI ALAM
a. FAKTOR ALAM
• Udara angin (ketidaksiapan diri, timbulnya penyakit hipotermia ) Pada suhu 2-3 derajat celcius.
• Udara panas ( dehidrasi ).
• Lokasi di alam ( kekurangan tekanan udara, hipoksida kekurangan kadar O2 )
b. FAKTOR MANUSIA
• Ketahanan stamina merupakan turunnya suhu tubuh dan turunnya ketahanan tubuh.
• Stabilitas mental ( terserang halusinasi )
4. CARA MENGATASI MASALAH DI ALAM
a. Tenang ( terlepas dari bebat pikiran/rasa takut ).
b. Melihat kondisi lingkungan.
c. Membuat rencana lanjutan berupa :
1. Menenap sementara dan mencari tempat berteeduh,sumber air, sumber makanan, dan mempelajari keadaan medan.
2. Melanjutkan perjalanan ( tinggalkan tenda orientasi medan dan menghemat tenaga ).
5. MASALAH-MASALAH LAIN
A. Pengapian
Dapat di peroleh dari ranting yang kering, kayu, rumput, serpihan kayu, cara menyalakannya dengan korek api, nusur gesek, kaca pembesar,
B. Air minum
Seseorang dapat bertahan hidup sampai kurang lebih 3 minggu jika persediaan air cukup, akan tetapi seseorang tanpa air bias bertahan sampai 2-6 hari. Jadi factor air sangat di butuhkan dalam mempertahankan hidup. Sumber-sumber air dapat di peroleh :
• Hujan.
• Tanaman rambat, kantong semar, tangkai bambo, pohon pisang, lumut,dan sebagainya.
• Air tergenang, air galian, air sungai yang keruh, air dari galian pasir, dan sebagainya. Tetapi jangan minum air yang berwarna
• hijau, bau, dan berasa.
C. Makanan yang dapat di makan
a. Tumbuh-tumbuhan
Tumbuhan yang dapat di makan adalah buah, daun muda, bunga, batang, akar/umbi. Dan Tidak semua tumbuhan dapat di makan ada juga yang beracun. Tumbuh-tumbuhan yang dapat di makan :
1. Tumbuh-tumbuhan yang di makan binatang menyusui dapat di makan oleh manusia, teristimewa yang di makan oleh monyet.
2. Kacang-kacangan.
3. Jamur. Yang sifatnya tudung berwarna tidak menyolak, tidak berlendir, batang tidak bergelang, bila dikukus dengan nasi tiidak menguning.
4. Paku-pakuan. Ubi, paku,tunas, yang tumbuh di daun.
5. Pandan. Daun muda dan umbutnya,batangnya.
6. Rumput. Yang dapat dimakan batang dan akarnya.
7. Pakis. Ujung dan tunas sari tumbuhan ( pucuk melingkar ).
8. Bambu-bambuan. Tunas muda yang tingginya kurang dari 30 cm, bulu-bulunya dibuang dahulu.
9. Umbi-umbian. Jenis tumbuhan ini biasanya menjalar.
10. Palem. Hati batang bagian atas yang masih muda.
Sifat-sifat tumbuhan yang mengandung racun yaitu :
- Warna ; hindarkan tumbuhan yang berwarna menyolak.
- Getah ; biasanya getahnya yang putih bersih bias di makan.
- Bulu ; biasanya terdapat di permukaan kulit, daun, batang, sebaiknya tumbuhan yang berbulu kita hindarkan.
- Rasa ; hindarkan rasa pahit dan panas.
- Tumbuhan yang daunnya tidak beraturan biasanya beracun.
- Untuk buah berbiji satu coba goreskan pada permukaan kulit jika timbul rasa gatal sebaiknya di hindarkan.
Catatan :
- Sebaiknya tumbuh-tumbuhan yang di makan jangan satu macam saja.
- Yang paling baik di masak dahulu tumbuhan yang akan di makan.
Tubuhan yang harus di hindari karna beracun :
- Rengas. Daunnya seperti daun mangga yang berbulu halus getahnya dapat merusak jaringan dan dapat mengakibatkan kelumpuhan.
- Pohon tuba. Getahnya dapat merusak jaringan.
- Paku putih. Dapat mengakibaatkan kebutaan, yaitu bulu pada buah dan bunganya.
- Kecubung. Menyebabkan gangguan pada saraf.
- Buah aren mentah. Menyebabkan gatal-gatal.
- Jambu moyet. Getahnya menyebabkan gatal-gatal.
b. Ikan dan sejenisnya.
c. Binatang/hewan.
LOGISTIK
Ilmu logistic adalah ilmu yang mempelajari tentang kegiatan yang praktis, etis, dan logis. dalam rangka pembuatan perencanaan program kegiatan sangat berkaitan dengan sistim pelayanan, sistim pengaturan, sistim pengelolaan bahan- bahan serta kebutuban yang diperlukan dalam suatu kegiatan yang bersifat social etis.
Peranan logistic dalam suatu kegiatan merupakan salah satu kegiatan yang harus di laksanakan dan dan sebagai pendukung utama dalam suatu kegitan, baik kegiatan forum maupun kegiatan lapangan.
ILMU YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG LOGISTIK
D. Ilmu logistic umum : perlengkapan, tranportasi, akomondasi, dan komsumsi.
E. Ilmu logistic terbatas : komsumsi kelompok/indifidu, dapur umum, ekspedisi, dan kegitan operasional.
F. Ilmu logistic dasar : mempelajari tentang proses kegiatan yang berkaitan dengan pola unsure segi operasional.
G. Ilmu gizi adalah ilmu yang berperan sekali dalam pengelolaan menu makanan maupun kadar kalori dan mineral yang di butuhkan oleh tubuh.
H. Ilmu jiwa dan karakter adalah ilmu yang mengendalika pikiran manusia khususnya tingkah laku.
I. Ilmu psykologi pendidikan adalah ilmu yang menganalisa tentang jiwa dan karakter manusia.
J. Ilmu akutansi/kalkulasi keuangan adalah ilmu yang mengatur segala kebuuhan dana keuangan yang bersifat perincian dan anggaran.
K. Ilmu tata boga adalah ilmu yang mengatur menu makanan sesuai dengan situasi dan kondisi.
KARAKTER YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEARANG LOGISTIK
• Jujur ,tanggung jawab, dan disiplin.
• Mental fisik yang kuat.
• Bijaksana, percaya diri sabar dan tabah.
• Konsukwen terhadap beban tugasnya.
• Pandai membaca situasi dan kondisi.
• Siap menghadapi tantangan dan bekerja tanpa pamrih.
TUGAS POKOK SEORANG LOGISTIK
• Mendata kembali kebutuhan logistik yang sudah ada.
• Mengatur jadwal kegiatan.
• Mengatur tata laksana kebutuhan logistic.
• Mengatur kadar kalori menu makanan sesuai dangan sikon.
• Laporan pertanggung jawaban.
PERLENGKAPAN MEMASAK DI ALAM BEBAS
• PENGAPIAN : korek api, kayu kering, minyak tanah, spirtus, parafin, DLL.
• ALAT MEMASAK : nesting, kompor gas, kompor parafiin, kompor spitus, sapu tangan, pisau dapur/pisau alam, peples/ botol aqua, dan lain lain.
• ALAT MAKAN/MINUM : piring seng ( plastic ), gelas pelastic, ( seng ), sendok, garpu, dan lain-lain.
PERBEKALAN YANG WAJIB DI BAWA
Beras, supermei, ikan kaleng, ikan asin, abon, telur, dendeng, margarine, bumbu masak, garam, cabe, ranti, sambal goring kering, gula putih, kopi, teh, susu, jahe, minuman kaleng, roti, kue, makanan ringan/camilan, permin, minuman penyegar, madu,dan lain-lain.
Catatan : bawa makanan yang bergisi,cepat saji, minuman bermineral tinggi, hindarkan minuman beralkohol.
CATATAN KHUSUS BAGI SEORANG LOGISTIK
1. Disaat melakukan kegiatan memasak canda gurau harus mewarnai situasi, unutk menghilangkan rasa jenuh dan capek.
2. kondisi selalu di jaga agar kegiatan lancer.
3. Tidak boleh meninggalkan lokasi kegiatan sebelum beres semuanya kecuali ada hal yang sangat penting sekali.
ROCK CLIMBING
Dalam dunia panjat ada dua istilah : Rock climbing dan Wall climbing
ROCK CLIMBING adalah melakukan pemanjatan di tebing sungguhan (alam)
WALL CLIMBING adalah melakukan pemanjatan di tebing buatan.
\"\"
Wall Climbing
\"\"
Rock Climbing
PERLENGKAPAN PANJAT TEBING
1. SEPATU PANJAT
\"\"Sepatu merupakan peralatan dasar untuk memanjat tebing, merknya bermacam-macam dan harganya juga berfariasi. Sepatu panjat ini mempunyai 3 jenis sol karet yaitu :
a Jenis Hard. Biasanya di gunakan di tebing yang keras
b Jenis Soft. Di pakai di tebing buatan.
c Jenis Medium sama dengan Soft digunakan di tebing buatan.
2. TALI KERNMANTEL
Tali kermantel ada dua jenisnya tali dimamik dan tali static.
\"\"• Tali dinamik inilah yang biasa di gunakan urusan manjat-memajat. Dinamakan dinamik karna tali sifatnya lentur atau melar, yang di perlukan untuk menahan si pemanjat jika jatuh.kelenturan tali berkisar 5-20% pada berat maksimum, warna tali biasanya mencolok.
• Tali static biasanya digunakan untuk turun ( rappelling ), dengan kelenturan 2-5% pada berat maksimum, sifatnya cendrung kaku dan warnanya biasanya putih atau hijau.
3. WEBBING
webbing sering di sebut tali pipih dan jenisnya ada dua tubular dan non tubular. Akhir-akhir ini webbing sudah di bentuk menjadi kesatuan yang kompak ( harness ). Webbing atau harness berfungsi untuk menahan berat tubuh pemanjat pada saat terjatuh, alat ini di ikatkan pada pemanjat sehingga saat jatuh tidak mematahkan pinggang si pemanjat.
\"\"
\"\"4. DESCENDEUR ( ALAT BELAI )
Alat ini di gunakan untuk mengontrol laju tali, sedang yang memakainya di namakan Belayer ( berada di bawah ) yang menjamin keselamatan si pemanjat apabila terjatuh. Alat belay mempunyai banyak jenis di antaranya Figur of Eight yang mempunyai bentuk angka 8.
5. CARABINER ( CINCIN PENGAIT )
\"\"Carabiner berfungsi sebagai penghubung antara tali dan pemanjat. Bentuknya menyerupai huruf D, Ada dua carabiner yang di gunakan oleh pemanjat, Screw Gate ( kunci berulir ) dan Screw non Gate ( kunci tidak berulir ). Carabiner yang aman harus mampu menahan berat 2200 kg pada saat pintu tertutup dan 1200 kg pada saat pintu terbuka dengan posisi poros yang panjang. Sedang pada posisi poros pendek mampu menahan 600 kg.
6. CHALK BAG ( KANTONG KAPUR )
Tempat bubuk magnesium carbonate carbon ini berfungsi tangan tetap kering sehingga cengkraman tanga pada poin panjat lebih kuat.
7. QUICKDRAW ( PENGHUBUNG DUA CARABINER )
Carabiner satu di hubungkan ke tali pemanjat sedang yang satunya lagi di kaitkan pada papan panjat.
\"\"
8. HELM
Untuk melindungi kepala pemanjat dari bentura dan runtuhan batu dari atas.
\"\"
9. PITON
\"\"Piton adalah sepotong logam yang sebagai berfungsi sebagai pasak di celah tebing batu. Piton ada dua jenis yaitu piton dari baja kromoli ( baja keras ) dan baja lunak. Piton baja kromoli dapat menahan beban seberat 2000 kg. kesempurnaan piton terletak pada posisi keetika menahan beban atau tarikan tali, mata piton harus ada di bawah. Tipe piton terdiri piton belah
dan piton siku dari kedua piton ini di bagi lagi menurut bentuk batu yang akan di lewati.
10. PALU
Palu berfungsi sebagai pemukul piton, bagian yang runcing sebagai pembersih dinding batu dari bebatuan lepas, tanah atau tumbbuhan. Bagian kepala palu sebagai pemukul pinggiran batu yang tajam.
Aba-aba Internasional yang sering di gunakan dalam pemanjatan tebing :
On belay : saya akan memanjat, apakah belaying sudah siap?.
Belay on : Saya sudah siap.
Climbing : Saya mulai memanjat.
Climb : Silahkan memanjat.
Slack/Losse : Kendorkan tali.
UP rope : Tali terlalu kendor.
Falling : Saya jatuh, mohon tali belaying.
Rock : Ada benda keras yang jatuh.
SAR ( SEARCN AND RESCUE )
SAR adalah suatu pengerjaan dari personil dan fasilitas yang dapat di gunakan untuk menolong dengan cara yang efektif dan efisien jiwa manusia dan sesuatu yang berharga, yang berada dalam keadaan yang mengewatirkan. SAR di bentuk kepres dengan sruktur sebagai berikut :
Ketua : Menteri perhubungan.
Wakil Ketua : Menteri HANKAM.
Anggota : Menteri Luar negeri, Menteri Dalam negeri, Menteri Social, dan Menteri Keuangan.
Organisasi tersebut di atas tertinggi yaitu BASARI. Organisasi oprasionalnya adalah BASARNAS ( badan sar nasiona). Basarnas sebaga kantor koordinasi rescue.
SISTIM SAR
Sistim sar ada lima tahapan :
TAHAPAN KEKEWATIRAN
Kekewatiran bahwa keadaan darurat mungkin akan muncul. Termasuk di dalamnya penerimaan informasi, keadaan darurat seseorang atau organisasi.
TAHAP KESIAPAN
• Mengefalusi informasi.
• Menyiapkan fasilitas SAR.
• Pencarian awal dengan informasi.
• Kasus yang gawat di laksanakan secepatnya.
TAHAP PERSIAPAN
• Perencanaan pencarian.
• Perencanaan pertolongan.
OPERATION STAGE ( TAHAP PELAKSANAAN )
• SAR bergerak ke tempat kejadian.
• Melakukan pencarian.
• Menyelamatkan korban.
• Memberikan perawatan bagi korban cidera.
• Melakukan jadwal pelaksana di lokasi kejadian.
• Melakukan penarikan team SAR dari tempat kejadian.
TAHAP AKHIR DARI MISI SAR
Gerakan seluruh team yang di gunakan dari titik pembebasan ke titik semula. a. Kembali ke pangkalan pencarian ( base camp ).
b. Membawa kembali peralatan yang di bawa.
c. Menyiapkan team yang akan kembali.
d. Membuat dekumentasi misi SAR tersebut.
e. Kembali kepangkalan semula.
KOMPONEN SAR : 1. Organisasi.
2. Fasilitas.
3. Komonikasi
4. Perawatan Gawat Darurat.
5. Dekumentasi
P P P K DAN P P G D
PPPK adalah pertolongan pertama pada kecelakaan. PPGD adalah pertolongan pertama gawat darurat. Ganguan umum biasanya : pernafasan, pendarahan dan pingsan. Dalam hal ini kita akan mempelajari pertolongan pertama gawat darurat.
GANGGUAN YANG DI HADAPI ATAU YANG ADA
Gangguan umum : Keadaan si korban terganggu,jiwa terancam. Misalnya : pernafasan, pendarahan,dan dalam keadaan tidak sadar.
Gangguan local : Gangguan tidak langsung tetapi mengakibatkan infeksi.
Gangguan pendarahan, jika terjadi pada kening maka pelipis di tekan, sedangkan di bawah di belakang kening atau telinga di gunakan cara : tekan pada luka, tinggikan dari jantung, tekan dengan pembalut.
Gangguan pingsan, selama pingsan otak terganggu sedemikian rupa. Caranya kendorkan pakaian yang mengikat atau di beri bau amoniak agar merangsang otak cepat sadar. Selain gangguan di atas ada juga gangguan lain, gangguan ini di sebut gangguan khusus : di gigit ular, keracunan, ingat sang pacar ( bokem ) DLL.
CARA PERTOLONGAN
Apabila kita menemukan korban dalam keadaan tidak sadar, periksa korban dengan cara :
1. Pernafasan.
2. Nadinya secermat mungkin.
3. Pupilnya ( pelompak mata )
Survival adalah berusaha mempertaahankan hidup di alam bebas dari hambatan alam sebelum mendapatkan pertolongan. Survival terjadi karena adanya kondisi darurat yang sulit diprediksi/diperkirakan seperti disebabkan oleh alam, kecelakaan, gangguan satwa atau kondisi lainnya.
Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan di alam bebas adalah persiapan dan perencanaan kegiatan yang matang, meliputi persiapan alat/perlengkapan,kesehatan dan kondisi fisik, biaya selama kegiatan dan data informasi mengenai lokasi,jalur, medan serta cuaca. Kemanapun lokasi yang kita tuju, apapun jenis medan yang dilalui, seberapa buruknya cuaca yang dihadapi atau seberapa besar hambatan yang datang, bukanlah suatu masalah yang berarti jika dibekali dengan persiapan dan perencanaan yang matang.
iklim/cuaca yang ekstrim, medan yang sulit dilewati atau sumber air yang kurang. Kondisi-kondisi tersebut harus diantisipasi sedini mungkin dengan persiapan fisik,mental, keterampilan (skill) dan data informasi. Perencanaan kegiatan akan mempermudah mengorganisir kegiatan yang akan dilakukan, dengan mengeliminasi kemungkinan resiko buruk yang mungkin terjadi.perencanaan tersebut harus berdasar kepada “Pedoman 5 W +1 H” yaitu Who,What,Why,When,Where dan How.
PERSIAPAN DAN PERENCANAAN
1. Who, siapa yang mengadakan kegiatan, dengan siapa kita pergi, siapa yang jadi pemimpin (leader) dan siapa yang paling berpengalaman di lapangan.
2. What, apa jenis kegiatannya, apa tujuannya, apa hambatannya, apa yang akan dilakukan dan perlengkapan apa yang harus dibawa.
3. Why, mengapa kita harus ikut dan mengapa memilih kegiatan tersebut.
4. When, kapan kegiatannya, berapa lama waktunya, siang atau malam dan pada musim apa kegiatan tersebut dilakukan.
5. Where, dimana tempat kegiatannya, dimana tempat mencari bantuan terdekat.
6. How, bagaimana mencapai lokasi kegiatan dan bagaimana menghadapi resiko buruk
yang mungkin terjadi.
PERLENGKAPAN DAN PENGEPAKAN (PACKING)
1. Perlengkapan Pribadi
Perlengkapan pribadi adalah barang-barang perlengkapan untuk memenuhi semua
kebutuhan pribadi tanpa mengandalkan orang lain, yaitu:
a. Sepatu (harus kuat, lentur, aman/safety, nyaman, anti selip) dan kaos kaki (cukuptebal, kuat, nyaman dan terbuat dari wol atau sintetis)
b. Pakaian lapangan (nyaman, tahan lama, cepat kering, melindungi tubuh dari berbagai kondisi lingkungan dan terbuat dari polyester atau polypropilena atau
memenuhi 3 W yaitu wicking, warmth, water/wind proofing)
c. Tas/ransel (kokoh, bahannya kuat, tahan air dan mempunyai sabuk pinggang untuk mengurangi goyangan ransel)
d. Ponco/rain coat
e. Perlengkapan tidur (bersih, kering, hangat dan nyaman terdiri dari pakaian tidur,matras, kantong tidur/sleeping bag dan jaket/sweater)
f. Perlengkapan mandi (handuk, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi dan shampo)
g. Air minum dan makanan (harus cukup kualitas dan kuantitasnya)
h. Alat navigasi (kompas, peta, altimeter dan GPS = Global Positioning System)
i. Alat tulis (ballpoint, buku dan pensil)
j. Perlengkapan penunjang (menunjang kegiatan yang dilakukan, seperti HT (handy talkie), HP (hand phone), pelindung pacet/gaithers, kelambu dan lainnya)
k. Survival kit yang terdiri dari pisau serbaguna, alat pancing, jarum jahit, benang, tali jerat, gunting, cermin, peluit, kompas, ketapel, karet, lup, peniti, korek api dalam kemasan kedap air, makanan berkalori tinggi, senter, obat-obatan, radio komunikasi dan balon.
2. Perlengkapan Kelompok
Perlengkapan kelompok adalah barang-barang perlengkapan yang dibawa untuk memenuhi kebutuhan semua anggota kelompok, yaitu tenda, obat-obatan P3K(Pertolongan Pertama Pada Kecelakaaan), peralatan masak dan makan, golok serta tali.
3. Perlengkapan Teknis
Perlengkapan teknis adalah perlengkapan yang digunakan untuk beraktivitas di alam bebas, tergantung jenis dan tujuan kegiatan. Perlengkapan kegiatan hiking berbeda dengan kegiatan caving, begitu juga dengan kegiatan yang lainnya.
4.Packing
Packing adalah pengepakan barang-barang yang sudah terdata dan pasti akan dimasukkan ke dalam ransel. Packing akan memudahkan pengambilan barang saat diperlukan, membagi titik berat pada ransel dan menjaga keseimbangan ransel sehingga tidak terlalu berat jika dibawa. packing adalah barang yang berat diletakkan di bagian atas ransel dan sedekat mungkin ke bagian tubuh, menempatkan barang yang penting dan sering digunakan pada tempat yang mudah dijangkau serta mengelompokkan barang-barang dan melindunginya dengan membungkusnya dalam plastik (trash bag).
NAVIGASI
Navigasi adalah penentuan posisi dan arah perjalanan, baik di medan perjalanan atau di peta. Navigasi terdiri atas navigasi darat, sungai, pantai dan laut, namun yang umum digunakan adalah navigasi darat. Navigasi darat di lapangan secara mendasar adalah titik awal perjalanan (intersection dan resection), tanda medan, arah kompas, menaksir jarak, orientasi medan dan resection,perubahan kondisi medan dan mengetahui ketinggian suatu tempat.
Alat-alat navigasi terdiri dari:
a. Kompas adalah alat untuk menentukan arah mata angin berdasarkan sifat magnetik kutub bumi. Arah mata angin utama yang bisa ditentukan adalah N (north= utara), S (south= selatan), E (east= timur) dan W (west= barat), serta arah mata angin lainnya yaitu NE (north east= timur laut), SE (south east=tenggara), SW (south west= barat daya) dan NW (north west = barat laut). Jenis kompas yang umum digunakan adalah kompas sylva, kompas orientasi dan kompas bidik/prisma.
b. Altimeter adalah alat untuk menentukan ketinggian suatu tempat berdasarkan perbedaan tekanan udara.
c. Peta adalah gambaran sebagian/seluruh permukaan bumi dalam bentuk dua dimensi dengan perbandingan skala tertentu. Jenis-jenis peta terdiri dari peta teknis, peta topografi dan peta ikhtisar/geografi/wilayah. Bagian-bagian peta antara lain judul, nomor, koordinat, skala, kontur, tahun pembuatan, legenda dan deklinasi magnetis.
d. GPS (Global Positioning System) adalah sistem radio-navigasi global yang terdiri dari beberapa satelit dan stasiun bumi. Fungsinya adalah menentukan lokasi, navigasi (menentukan satu lokasi menuju lokasi lain), tracking(memonitor pergerakan seseorang/benda), membuat peta di seluruh permukaan bumi dan menentukan waktu yang tepat di tempat manapun.
Mencegah dan menanggulangi keadaan tersesat:
a. Selalu melapor kepada petugas terkait atau orang yang dipercaya mengenai tujuan perjalanan, lamanya dan jumlah anggota yang ikut.
b. Selalu mengingat keadaan sekitar perjalanan berdasarkan kelima indera yang dimiliki
c. Tetaplah berada pada jalur yang telah ada dengan memberi petunjuk pada tiap persimpangan
d. Perhatikan objek yang mencolok seperti mata air, bukit, sungai atau gunung
e. Pada saat berjalan sekali-kali tengoklah ke arah belakang, ingatlah jalur tersebut jika dilihat dari arah berlawanan
f. Pelajari dengan benar alat-alat navigasi yang dibawa
g. Gunakanlah kompas sebelum tersesat
h. Belajar membaca tanda-tanda alam untuk menentukan arah mata angin
i. Jangan pernah percaya secara penuh kepada orang lain termasuk kepada pemimpin
Pedoman yang bisa digunakan apabila tersesat adalah S T O P, yaitu:
S = Seating, berhenti dan beristirahat dengan santai, hilangkan kepanikan
T = Thinking, berpikir secara jernih (logis) dalam situasi yang sedang dihadapi
O = Observation, melakukan pengamatan/observasi medan di lokasi sekitar, kemudian tentukan arah dan tanda-tanda alam yang dapat dimanfaatkan atau yang harus
dihindari
P = Planning, buat rencana dan pikirkan konsekuensinya bila anda sudah memutuskan sesuatu yang akan anda lakukan.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi keadaan tersesat adalah:
a. Membuat tempat berlindung (shelter) dari bahaya atau cuaca buruk
b. Tetap tenang, tidak panik, berpikir jernih dan mencoba ingat jalur perjalanan
c. Orientasi dapat dipermudah dengan menuju tempat yang tinggi/memanjat pohon
d. Gunakan kompas dan peta (alat navigasi) atau indikator alam
e. Buat petunjuk untuk mempermudah orang lain mencari keberadaan kita, misalnya dengan tulisan, peluit, asap, sinar atau berteriak
f. Tetap bersama-sama dengan kelompok dalam kondisi apapun
g. Memanfaatkan situasi dengan menunggu bala bantuan, mencari makanan, mencari air dan lainnya.
Setiap huruf dari kata survival merupakan singkatan dari langkah-langkah yang ahrus kita ingat dan lakukan yaitu:
S :Size up the situation
U :Undue haste makes waste
R :Remember where you are
V :Vanguish fear and panic
I :Improve
V :Value living
A :Act like the native
L :Learn basic skill
Kebutuhan dasar survival
a. Air
Syarat-syarat fisik air bersih yang layak untuk diminum adalah tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau. Sumber air antara lain mata air, sungai, air
hujan, embun, tumbuhan (rotan, pisang, lumut, akar gantung, kantung semar), hasil kondensasi tumbuhan dan air galian tanah.
b. Makanan
Saat sumber makanan yang dibawa semakin berkurang, kita dapat memanfaatkan sumber makanan dari alam berupa flora (tumbuhan) dan fauna (hewan). Bagian tumbuhan yang dapat dimakan adalah buah, batang, daun dan akar(umbi).
Hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi tumbuhan:
- Hindari tumbuhan berwarna mencolok
- Hindari tumbuhan bergetah putih, kecuali yang sudah dikenal aman dimakan
- Mencoba mencicipi sedikit atau mengoleskan ke kulit. Biasanya tumbuhan yang berbahaya akan menimbulkan efek gatal, merah dan panas pada tubuh.
- Variasikan makanan yang dimakan untuk menghindari akumulasi zat yang mungkin buruk bagi kesehatan
- Jangan memakan tumbuhan yang meragukan untuk dimakan
Shelter adalah tempat perlindungan sementara yang dapat memberikan kenyamanan dan melindungi dari keadaan panas, dingin, hujan dan angin. Shelter dapat menggunakan alam yang ada seperti gua, lubang pohon dan celah di batu besar. Selain itu dapat dibuat dari tenda, plastik dan ponco atau menggunakan bahan dari alam seperti daun-dauanan atau ranting.
Api berguna untuk penerangan, meningkatkan semangat psikologis, memasak makanan dan minuman, menghangatkan tubuh, mengusir hewan buas membuat tanda/kode, dan
merokok. Sumber api berasal dari korek api, lup/teropong, menggosok- gosokkan kayu dnegan kayu, membenturkan logam dengan logam atau batu.
hal lain yang menentukan lamanya kita berada pada kondisi survival, yaitu keputusan apakah kita akan menetap (survival statis) atau bergerak keluar mencari
bantuan (survival dinamis).

sumber : https://www.facebook.com/PecintaHewanDanTanaman/posts/204619666313730

Sabtu, 26 Juli 2014

Kakek Penjual Amplop di ITB

Setiap menuju ke Masjid Salman ITB untuk shalat Jumat saya selalu melihat seorang Kakek tua yang duduk terpekur di depan dagangannya. Dia menjual kertas amplop yang sudah dibungkus di dalam plastik. Sepintas barang jualannya itu terasa “aneh” di antara pedagang lain yang memenuhi pasar kaget di seputaran Jalan Ganesha setiap hari Jumat. Pedagang di pasar kaget umumnya berjualan makanan, pakaian, DVD bajakan, barang mainan anak, sepatu dan barang-barang asesori lainnya. Tentu agak aneh dia “nyempil” sendiri menjual amplop, barang yang tidak terlalu dibutuhkan pada zaman yang serba elektronis seperti saat ini. Masa kejayaan pengiriman surat secara konvensional sudah berlalu, namun Kakek itu tetap menjual amplop. Mungkin Kakek itu tidak mengikuti perkembangan zaman, apalagi perkembangan teknologi informasi yang serba cepat dan instan, sehingga dia pikir masih ada orang yang membutuhkan amplop untuk berkirim surat. 


Kehadiran Kakek tua dengan dagangannya yang tidak laku-laku itu menimbulkan rasa iba. Siapa sih yang mau membeli amplopnya itu? Tidak satupun orang yang lewat menuju masjid tertarik untuk membelinya. Lalu lalang orang yang bergegas menuju masjid Salman seolah tidak mempedulikan kehadiran Kakek tua itu.

Kemarin ketika hendak shalat Jumat di Salman saya melihat Kakek tua itu lagi sedang duduk terpekur. Saya sudah berjanji akan membeli amplopnya itu usai shalat, meskipun sebenarnya saya tidak terlalu membutuhkan benda tersebut. Yach, sekedar ingin membantu Kakek itu melariskan dagangannya. Seusai shalat Jumat dan hendak kembali ke kantor, saya menghampiri Kakek tadi. Saya tanya berapa harga amplopnya dalam satu bungkus plastik itu. “Seribu”, jawabnya dengan suara lirih. Oh Tuhan, harga sebungkus amplop yang isinnya sepuluh lembar itu hanya seribu rupiah? Uang sebesar itu hanya cukup untuk membeli dua gorengan bala-bala pada pedagang gorengan di dekatnya. Uang seribu rupiah yang tidak terlalu berarti bagi kita, tetapi bagi Kakek tua itu sangatlah berarti. Saya tercekat dan berusaha menahan air mata keharuan mendengar harga yang sangat murah itu. “Saya beli ya pak, sepuluh bungkus”, kata saya. 


Kakek itu terlihat gembira karena saya membeli amplopnya dalam jumlah banyak. Dia memasukkan sepuluh bungkus amplop yang isinya sepuluh lembar per bungkusnya ke dalam bekas kotak amplop. Tangannya terlihat bergetar ketika memasukkan bungkusan amplop ke dalam kotak.


Saya bertanya kembali kenapa dia menjual amplop semurah itu. Padahal kalau kita membeli amplop di warung tidak mungkin dapat seratus rupiah satu. Dengan uang seribu mungkin hanya dapat lima buah amplop. Kakek itu menunjukkan kepada saya lembar kwitansi pembelian amplop di toko grosir. Tertulis di kwitansi itu nota pembelian 10 bungkus amplop surat senilai Rp7500. “Kakek cuma ambil sedikit”, lirihnya. Jadi, dia hanya mengambil keuntungan Rp250 untuk satu bungkus amplop yang isinya 10 lembar itu. Saya jadi terharu mendengar jawaban jujur si Kakek tua. Jika pedagang nakal ‘menipu’ harga dengan menaikkan harga jual sehingga keuntungan berlipat-lipat, Kakek tua itu hanya mengambil keuntungan yang tidak seberapa. Andaipun terjual sepuluh bungkus amplop saja keuntungannya tidak sampai untuk membeli nasi bungkus di pinggir jalan. Siapalah orang yang mau membeli amplop banyak-banyak pada zaman sekarang? Dalam sehari belum tentu laku sepuluh bungkus saja, apalagi untuk dua puluh bungkus amplop agar dapat membeli nasi.

 
Setelah selesai saya bayar Rp10.000 untuk sepuluh bungkus amplop, saya kembali menuju kantor. Tidak lupa saya selipkan sedikit uang lebih buat Kakek tua itu untuk membeli makan siang. Si Kakek tua menerima uang itu dengan tangan bergetar sambil mengucapkan terima kasih dengan suara hampir menangis. Saya segera bergegas pergi meninggalkannya karena mata ini sudah tidak tahan untuk meluruhkan air mata. Sambil berjalan saya teringat status seorang teman di fesbuk yang bunyinya begini: “Kakek-Kakek tua menjajakan barang dagangan yang tak laku-laku, ibu-ibu tua yang duduk tepekur di depan warungnya yang selalu sepi. Carilah alasan-alasan untuk membeli barang-barang dari mereka, meski kita tidak membutuhkannya saat ini. Jangan selalu beli barang di mal-mal dan toko-toko yang nyaman dan lengkap….”.

Si Kakek tua penjual amplop adalah salah satu dari mereka, yaitu para pedagang kaki lima yang barangnya tidak laku-laku. Cara paling mudah dan sederhana untuk membantu mereka adalah bukan memberi mereka uang, tetapi belilah jualan mereka atau pakailah jasa mereka. Meskipun barang-barang yang dijual oleh mereka sedikit lebih mahal daripada harga di mal dan toko, tetapi dengan membeli dagangan mereka insya Allah lebih banyak barokahnya, karena secara tidak langsung kita telah membantu kelangsungan usaha dan hidup mereka.

Dalam pandangan saya Kakek tua itu lebih terhormat daripada pengemis yang berkeliaran di masjid Salman, meminta-minta kepada orang yang lewat. Para pengemis itu mengerahkan anak-anak untuk memancing iba para pejalan kaki. Tetapi si Kakek tua tidak mau mengemis, ia tetap kukuh berjualan amplop yang keuntungannya tidak seberapa itu.


Sumber : http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php/6800-Kakek-Penjual-Amplop-Di-ITB

WWF: Gajah Sumatera terancam punah dalam 30 tahun

Dalam rilis yang dipublikasikan di website resmi WWF, jumlah gajah Sumatra kini tercatat hanya sekitar 2.400 hingga 2.800 ekor saja, dari 5.000 ekor pada 1985. Di antara sejumlah faktor yang menyebabkan penurunan itu adalah hilangnya 70 persen habitat dan separuh populasi mereka dalam satu generasi. Meski gajah Sumatra dilindungi undang-undang di Indonesia, sebagian besar habitat mereka justru terletak di luar area konservasi dan dapat dialihfungsikan untuk kepentingan perkebunan industri, kata IUCN. Salah satu penyebab hilangnya habitat, menurut WWF, adalah kegiatan penggundulan hutan dan konversi hutan menjadi area perkebunan seperti industri kelapa sawit. Sumatera adalah salah satu kawasan dengan populasi gajah terbesar di Asia, setelah India dan Sri Lanka. Namun, Sumatera juga termasuk sebagai kawasan dengan tingkat penggundulan hutan terbesar, kata WWF.

Penggundulan hutan

Sumatera kehilangan dua pertiga hutan dataran rendah alami dalam 25 tahun terakhir, padahal hutan tersebut adalah habitat ideal untuk gajah. "Gajah Sumatra kini bergabung dengan orang utan Sumatera, badak Jawa dan Sumatera serta harimau Sumatera dalam daftar spesis sangat terancam di Indonesia," kata Dr Carlos Drew, Direktur Spesis Global WWF dalam rilis tersebut seperti dilaporkan kantor berita Associated Press. Drew mengatakan tindakan darurat harus segera dilakukan untuk membalikkan tren ini atau, "Hewan yang indah ini kemungkinan besar akan segera punah." Penurunan jumlah populasi gajah terbesar akibat penggundulan hutan terjadi di Provinsi Riau. Lebih dari 80% populasi gajah di provinsi itu berkurang dalam 25 tahun terakhir. "Provinsi Riau kehilangan enam dari sembilan kawanan gajah," kata Anwar Puroto dari WWF Indonesia kepada kantor berita Reuters. WWF meminta pemerintah Indonesia dan perusahaan- perusahaan kertas serta kelapa sawit bersama dengan organisasi-organisasi pelestarian alam untuk bekerja sama melindungi habitat gajah Sumatra. "Para pemegang hak konsesi hutan seperti perusahaan-perusahaan kertas dan industri kelapa sawit memiliki kewajiban hukum dan etis untuk melindungi spesis yang dilindungi dalam area konsesi mereka," kata Puroto.

 sumber : http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2012/01/120124_elephant.shtml


Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Tak Perhatikan Kelestarian Lingkungan

Joko Widodo menyatakan pertumbuhan ekonomi harus berjalan paralel dengan kelestarian lingkungan dan kepentingan hajat hidup orang banyak. Mementingkan salah satunya dan menomorduakan yang lain menurutnya adalah salah.

“Jangan ada (di antara ketiga hal itu) yang dinomorsatukan. Sekarang ini hutan kita rusak, daerah aliran sungai rusak, terumbu karang di pantai rusak. Karena kita terlalu mengejar pertumbuhan ekonomi dan tidak memperhatikan kelestarian lingkungan,” kata Jokowi dalam debat capres-cawapres putaran akhir di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu malam 5 Juli 2014.

Mantan Wali Kota Solo itu menekankan pentingnya kelestarian lingkungan. “Lingkungan ini harus betul-betul kita jaga karena akan kita berikan pada anak-cucu kita kelak,” kata dia.

Joko Widodo juga menyatakan, hal terpenting saat ini adalah action. “Kekurangan kita adalah melaksanakan. Merencanakan sudah banyak, tapi melaksanakan kurang,” ujarnya.

Sementara Jusuf Kalla mengatakan, teknologi juga berperan penting. “Kesejahteraan ekonomi baik, lingkungan juga terjaga. Teknologi jadi intinya,” kata dia.

Sumber : VIVAnews

Minggu, 20 Juli 2014

Cantik / Ganteng itu Relatif, Jelek itu Mutlak???

"kata orang..", yah pendapat orang2 kebanyakan gitu. Salah satunya nih, kata orang "Cantik / Ganteng itu relatif sedang jelek itu mutlak". Hehehe, ini sih kata orang ngaco.. karena berdasarkan pengamatan lapangan, ga ada tuh orang yang dibilang jelek sama semua orang, pengecualian kalau orang ini punya cacat bawaan ya, atau abis tersiram air keras gitu. (ughhh..)

Apalagi kalo dilihatnya pake cinta, muka yang sebenernya biasa aja bisa terlihat macam bintang Hollywood, bahkan kambing dibedakin pun kliatan cantik, hehehe..yang terakhir itu hiperbola sih. Engga sih, intinya yah ga bisa menilai seseorang cuma dari wajah aja, tergantung hatinya juga. Kalo tampang pas-pasan tapi baik hati, maka ia akan terlihat satu tingkat lebih cantik. Sedangkan orang dengan wajah cantik banget, tapi suka jutek dan cuma mau bergaul sama orang2 tertentu aja, wajahnya pun akan terlihat lebih jelek 1 tingkat, ya..ato minimal keliatan kalah cantik lah sama yang biasa tapi baik hati tadi.

Jadi gimana ya orang-orang menilai seseorang yang berwajah cukup-cukup aja, ga cantik-cantik amat, tapi ga bisa dibilang jelek, tapi suka bertampang bete, jarang senyum, suka cepet sebel kalo harus nunggu lama, dan bergaul dengan orang-orang tertentu aja?!
Hmmm, kalo aku sih…hehehe..bilang biasa aja.

Kesimpulannya:
Cantik / Ganteng itu memang relatif, tidak hanya melihat penampilan fisik semata, tapi terdapat aspek-aspek lainnya yang bisa memberi nilai plus atau minus.
Kalo jelek, mmm, relatif juga. Dan penilaiannya tampaknya lebih tidak objektif dibandingkan penilaian ke-cantik-an. Lebih mengedepankan sisi emosional penilai-nya. Contoh, kalo lagi sebel sama orang, orang itu akan kelihatan jelek banget.

"Seseorang terlihat Cantik / Ganteng karena anda mencintainya"